Layanan IT

ID #4501

Portofolio

Portofolio Mahasiswa yang dimiliki oleh setiap mahasiswa Universitas Gunadarma bersifat elektronik dan dapat diakses oleh umum (open content). Format alamat portofolio tersebut adalah sebagai berikut: http://npm.student.gunadarma.ac.id
[Catatan: npm diganti dengan nomor NPM masing-masing mahasiswa]


Portofolio Mahasiswa tersebut terdiri dari informasi-informasi UTAMA sebagai berikut:
1. Home, yang menampilkan foto diri dan kutipan berita dari Universitas Gunadarma

2. Akademik, yang merupakan daftar mata kuliah yang sudah diambil oleh mahasiswa yang secara otomatis terisi dari Sistem Informasi Akademik Terpadu

3. Seminar, yang informasinya diperoleh dari http://seminar.gunadarma.ac.id . Portofolio mahasiswa secara otomatis ini terisi jika mahasiswa yang bersangkutan mengikuti acara seminar di Universitas Gunadarma yang sistem pendaftaran seminarnya melalui situs tersebut. Jika mahasiswa mengikuti seminar di luar Universitas Gunadarma harap melapor ke Dosen Pengampu dengan menyertakan bukti-bukti keikutsertaannya.

4. Kursus/Workshop, yang diselenggarakan di Lembaga Pengembangan Universitas Gunadarma. Informasi tentang kursus/workshop ini juga akan terisi otomatis jika mahasiswa yang bersangkutan mengikuti kursus/workshop di Lembaga Pengembangan.

5. Tulisan, merupakan tulisan ATAS INISIATIF MAHASISWA yang sumber tulisannya ada dua yaitu (a) Tulisan di UG student Journalism atau UG Wartawarga yang dapat dilihat di http://wartawarga.gunadarma.ac.id dan (b) tulisan di blog yang dimiliki oleh mahasiswa yang bersangkutan. Setiap mahasiswa UG otomatis dapat menulis di Wartawarga setelah login ke studentsite dan memilih fitur layanan “wartawarga” di studentsite. Sebuah tulisan mahasiswa di blog juga dapat disubmit melalui studentsite yaitu pada fitur layanan “Tulisan” dengan memasukkan “judul” tulisannya serta alamat URL-nya secara lengkap. PERHATIAN: MOHON SETIAP MAHASISWA MELIHAT BERBAGAI FITUR LAYANAN DI STUDENTSITE DAN DIHARAPKAN SELALU MENGAKSES STUDENTSITE SECARA PERIDIOK

6. Tugas, merupakan tulisan mahasiswa yang berdasarkan PENUGASAN DARI DOSEN PENGAMPU sesuai dengan Materi Mata Kuliahnya yang mengacu ke SAP dari Mata Kuliah Tersebut. Tugas tersebut ditulis di blog pribadi yang wajib dimiliki oleh mahasiswa UG. Blog tersebut boleh dengan domain .web.id, .info, wordpress, blogspot, blogsome, multiply, ngeblogs.com, dll. Tulisan diblog tersebut dapat disubmit melalui studentsite pada fitur “Tugas” dengan memasukaan “judul” tulisan dan alamat URL tulisan tersebut pada blog mahasiswa.

7. Kreatifitas, yaitu prestasi atau keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kreatifitas dan inovasi- baik di dalam maupun di luar Universitas Gunadarma. Contoh kegiatan kreatifitas yang dibiayai oleh pemerintah adalah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang terdiri dari 4 bidang (Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Wirausaha, dan Penerapan Teknologi) dan PKM-Tulisan Ilmiah (PKMI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Contoh kegiatan kreatifitas di dalam UG adalah berbagai perlombaan internal di UG misalnya UG ICT AWARD, lomba blog bulanan, KOMPRESS, dll. Prestasi di luar kampuspun dapat diperhitugkan dengan catatan melaporkan ke dosen pengampu atau ke bagian kemahasiswaan. Pengisian informasi kreatifitas ini akan dilakukan oleh panitia khusus yang ditunjuk sesuai dengan sumber data kegiatan kreatfitas yang dikoordinir oleh bagian kemahasiswaan.

8. Kemahasiswaan, adalah informasi yang bersumber dari bagian kemahasiswaan mengenai keterlibatan mahasiswa yang bersangkutan dalam organisasi atau kegiatan kemahasiswaan yang menjadi kewenangan bagian kemahasiswaan Universitas Gunadarma. Pengisiaan informasinya dilakukan oleh satuan kerja khusus yang ditunjuk, dalam hal ini bukan diisi oleh mahasiswa yang bersangkutan.

 

Tags: portofolio

Related entries: -

Terakhir diperbaharui: 2009-10-31 13:46
Penulis: Admin UGPEDIA
Revision: 1.0

Digg it! Cetak materi ini Kirim ke teman Tunjukkan materi ini sebagai berkas PDF
Propose a translation for Propose a translation for
Beri nilai materi ini:

Nilai rata-rata: 4.5 dari 5 (2 Suara )

sangat tak berguna 1 2 3 4 5 sangat berguna

Anda tidak diperbolehkan untuk memberikan komentar pada materi ini