Akademik » Kuliah » Metode

ID #4846

Mata kuliah yang adaptif terhadap softskill

Mata kuliah yang adaptif terhadap softskill adalah mata kuliah yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan softskill mahasiswa. Terdapat satu mata kuliah yang adaptif terhadap softskill pada tiap semester untuk masing-masing jurusan, termasuk mata kuliah wajib, dan mata kuliah ini sudah ditentukan oleh jurusan.

Mekanisme dan Prosedur Pelaksanaan Kegiatan Perkuliahan pada Mata Kuliah yang adaptif terhadap pengembangan softskills

  1. Penetapan Mata Kuliah (MK) yang adaptif terhadap pengembangan softskill oleh setiap program studi untuk jenjang D3 dan S1.
  1. Kriteria penetapan MK tersebut adalah (a) Bukan MK Ujian Utama, (b) Tidak ada unsur praktikum, dan (c) MK yang tergolong pengembangan kepribadian atau kehidupan bermasyarakat- yang mengacu ke kurikulum berbasis kompetensi yang berlaku di masing-masing program studi. Jika pada satu atau sebagian semester tidak ada MK yang memenuhi kriteria tersebut maka diusulkan MK baru dengan bobot 1 (satu SKS).
  1. Pengusulan calon dosen pengampu mata kuliah ke pihak pimpinan- dengan mempertimbangkan kemampuan dan kualifikasi calon dosen pengampu di bidang penulisan dan softskill
  1. Penetapan jadwal mata kuliah dan dosen pengampu (Team Teaching) oleh Pimpinan/BAAK 
  1. Pelaksanaan perkuliahan selama satu semester beserta evaluasi dan monitoring terhadap perkembangan portofolio mahasiswa
  1. Kuliah pertama diisi dengan penjelasan tentang pengertian pengembangan softskill, tatacara dan persyaratan mengikuti perkuliahan, serta penjelasan UG Student Portfolio yang dimiliki oleh setiap mahasiswa.
  1. Materi kuliah yang sesuai dengan silabus MK tersebut bisa disajikan dalam bentuk file yang sudah ada di staffsite masing-masing (http://userstaff.staff.gunadarma.ac.id), UG open courseware (http://ocw.gunadarma.ac.id), atau e-book yang ada di e-learning center (http://elearning.gunadarma.ac.id).
  1. dapat dilihat oleh dosen pengampu pada menu student portofolio di Menu LOCKER staffsite masing-masing (http://nustaffsite.gunadarma.ac.id)
  1. Dosen melakukan penilaian kinerja mahasiswa dengan mengacu kepada statistik portofolio mahasiswa serta faktor pertimbangan kualitatif
  1. Dosen memberikan nilai (A, B, C, E) mahasiswa ke PSA sesuai dengan peraturan dan pedoman yang berlaku.

Tags: mata kuliah, softskill

Related entries: -

Terakhir diperbaharui: 2012-05-05 19:08
Penulis: Juwita Utami
Revision: 1.1

Digg it! Cetak materi ini Kirim ke teman Tunjukkan materi ini sebagai berkas PDF
Propose a translation for Propose a translation for
Beri nilai materi ini:

Nilai rata-rata: 0 dari 5 (0 Suara )

sangat tak berguna 1 2 3 4 5 sangat berguna

Anda tidak diperbolehkan untuk memberikan komentar pada materi ini