Jurusan » Jurusan Teknik Elektro

ID #4428

Kegiatan Akademik dan Kegiatan Ilmiah Jurusan

Kegiatan akademik dan Kegiatan ilmiah yang menunjang akademik

- Kegiatan Akademik dan Kegiatan ilmiah yang menunjang akademik diberikan

dalam bentuk sebagai berikut :

  1. Perkuliahan : diberikan dalam bentuk tatap muka secara terjadwal di kelas, yang diisi dengan aktivitas penjelasan materi pelajaran, diskusi, pemberian contoh dan latihan soal.

  1. Latihan/tugas mandiri : dalam bentuk tugas atau pekerjaan rumah untuk meningkatkan pemahaman materi.
  2. Ujian : dalam bentuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS), juga ada Ujian Utama (adalah Ujian Akhir untuk 15 mata kuliah utama).

  1. Praktikum : yaitu Praktikum yang berdiri sendiri sebagai mata ajaran (dengan SKS). Praktikum sepenuhnya dilakukan di kampus Depok (kelas Depok dan kelas Kalimalang).

  1. Studi Ekskursi :
  2. kunjungan ke industri-industri dan lembaga terkait, untuk melihat penerapan ilmu yang dipelajari dalam praktek, sehingga mampu menjembatani antara teori dan praktek dan melakukan kerjasama antara industri dan perguruan tinggi.Studi Ekskursi diadakan sekali dalam tiap semester.
  1. Kerja Praktek : dilakukan pada semester 6 sampai dengan semester 7 pada perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, elektronika, dan tenaga listrik, selama 1 3 bulan, atau dengan membuat suatu proyek pembuatan alat secara mandiri atau suatu proyek dari laboratorium teknik elektro.
  2. Kuliah Umum : dengan mengambil materi sesuai dengan mata kuliah di kurikulum Teknik Elektro, dengan mengundang narasumber praktisi dari instansi atau industri yang terkait dengan materi yang disajikan. Kuliah umum ini disajikan sekali dalam tiap semester.
  3. Seminar : dengan mengambil materi yang sesuai dengan jurusan teknik elektro, dengan mengundang pakar-pakar yang memang aktif bergerak di bidang tersebut sebagai pembicara. Seminar diadakan minimal satu kali dalam satu tahun ajaran.
  4. Temu Alumni & Briefing Pembekalan mahasiswa tingkat akhir : dilaksanakan pada tiap pertengahan semester, dengan tujuan supaya mahasiswa tingkat akhir siap menyelesaikan tugas-tugas akademisnya untuk dapat maju sidang sarjana, mengundang pembicara internal yang berasal dari bagian Sidang Sarjana, bagian Transkrip & Ijazah, dan bagian Career Center.Juga hadir alumni yang sudah bekerja, untuk sharing pengalaman.
  5. Pelatihan pelatihan : dengan materi yanng berhubungan dengan materi praktikum, biasanya diberikan kepada mahasiswa yang menjadi asisten laboratorium teknik elektro. Tujuannya adalah supaya asisten lebih menguasai materi baik dalam teori maupun praktek.

Tags: Kegiatan Teknik Elektro

Related entries: -

Terakhir diperbaharui: 2009-07-23 11:00
Penulis: erma t
Revision: 1.1

Digg it! Cetak materi ini Kirim ke teman Tunjukkan materi ini sebagai berkas PDF
Propose a translation for Propose a translation for
Beri nilai materi ini:

Nilai rata-rata: 3 dari 5 (2 Suara )

sangat tak berguna 1 2 3 4 5 sangat berguna

Anda tidak diperbolehkan untuk memberikan komentar pada materi ini